Jangan Jadikan Surga Alasan Baktimu Kepada Orang Tua


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Ada istilah bahwa surga ada di bawah telapak kaki ibu. Namun apakah surga menjadi sebuah alasan untuk baktimu kepada orang tuamu. Ada banyak sekali niat yang terselip di dalam hati yang bahkan kita tidak menyadari hal itu. Sehingga menjadikan kita berbakti kepada orang tua hanya untuk mencapai niat tersebut. Ada yang berbakti kepada orang tua karena beliau telah memberi kita uang saku bulanan. Ada juga yang berbakti kepada orang tua karena ingin mendapatkan warisan harta. Ada juga yang berbakti kepada orang tua karena dia sadar bahwa orang tualah yang telah membiayai kebutuhan selama hidupnya. Dan mungkin juga ada yang berbakti kepada ayah dan ibunya karena menginginkan Surga Allah.


Dari sekian banya niat yang muncul, manakah niat yang tepat untuk kita berbakti kepada orang tua. Surga telah dijanjikan kepada kita ketika diri ini berbakti kepada orang tua. Perlu kita ketahui bahwa berbakti kepada orang tua itu hanyalah sarana atau kendaraan yang bisa digunakan untuk mendapat Surga Allah. Seperti layaknya kita ingin berlibur atau berwisata. Kita membutuhkan kendaraan untuk mencapai tempat wisata itu tetapi untuk mencapai tujuan itu ada dua kemungkinan yang bisa terjadi kita bisa sampai atau mungkin tidak sampai pada tujuan. Jelas bahwa sampai atau tidak nya kita ke tujuan itu bukan hanya karena kendaraannya saja. Tetapi bisa karena kondisi tubuh kurang fit sehingga tidak bisa meneruskan. Atau karena jalan macet parah sehingga kita harus kembali dan berbagai kemungkinan yang membuat kita menjadi tidak sampai pada tujuan. Dari kejadian di atas kita mengetahui bahwa bukan kendaraan yang menyebabkan kita tidak sampai pada tujuan yang kita inginkan.

Begitu juga kita berbakti kepada orang tua. Itu hanyalah kendaraan saja, bukan kendaraan yang menentukan keberhasilan kita mencapainya. Adalah salah ketika kita berbakti kepada orang tua karena ingin masuk surga. Coba sekarang kita renungkan, bagaimana jika surga itu tidak ada. Pasti tidak ada yang berbakti kepada orang tua, hal itu dikarenakan surga lah alasan dia mencintai orang tuanya.

Lantas apa niat yang seharusnya kita selipkan di hati ketika kita berbakti kepada orang tua?
Berbaktilah kepada oranga hanya karena itu adalah perintah Allah sedangkan urusan kita mendapat surga atau tidak itu adalah urusan Allah semata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Jadikan Surga Alasan Baktimu Kepada Orang Tua"

Post a Comment