Mengenal Infrastruktur Server Blade

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ 

Alhamdulillah, masih bisa posting untuk saling berbagi catatan. Tulisan kali ini saya akan membahas tentang server yaitu Blade Server. Secara harfiah blade berasal dari bahasa inggris yang berarti pisau/pedang. Kita tahu bahwa pisau/pedang berfungsi untuk membelah sehingga hal inilah yang menjadikan server blade adalah sebuah perangkat keras (hardware) server yang terpisah-pisah tidak seperti server rack atau tower server yang semua perangkat ada di satu casing. Blade tidak seperti itu, sebenarnya sama seperti server/komputer didalam blade ada processor, memory, hardisk hanya saja blade tidak memiliki power supply dan NIC karena power supply dan NIC nya ada di Enclosure yaitu perangkat server yang hampir mirip fungsinya seperti casing. Bagaimana ? udah mudeng apa mubeng (istilah dalam bahasa jawa yaitu, sudah jelas apa malah pusing?)
Dari pada bingung tidak jelas maka akan saya jelaskan melalui visual ya..yang saya jelaskan ini adalah server yang pernah saya pasang, karena ada banya tipe server dari berbagai vendor


1. Enclosure C7000

Komponen utama infrastruktur Blade yang berfungsi sebagai “rumah” bagi komponen-komponen yang lain. Enclosure chassis tidak sebatas chasing, namun bertindak sebagai pengkoneksi antar komponen di dalam satu infrastruktur sistem Blade. Secara harfiah, fungsi Enclosure chassis dapat dianalogikan sebagai “motherboard” pada server konvensional. Enclosure Chassis tidak memiliki standarisasi dimensi di antara masing-masing produsen, misalnya HP C7000 memiliki ukuran 10 U


2. Virtual Connect

Merupakan perangkat yang digunakan untuk membangun jaringan secara virtual didalam sistem Blade server. Karena Blade Server biasa digunakan untuk membangun Virtual Machine maka untuk menghubungkan berbagai mesin di dalamnya menggunakan perangkat virtual connect.

3. SAN Switch

Blade lebih sering menggunakan eksternal storage berupa SAN, yang saya gunakan adalah MSA2040, perangkat SAN Switch ini digunakan untuk menghubungkan blade server dengan SAN dengan kecepatan ruang data yang sangat besar menggunakan kabel Fiber. Sehingga membuat seolah-olah media penyimpanan yang ada di luar komponen blade seperti local storage bahkan melebihi kecepatan trasfer data local storage.

4. BL460

Merupakan perangkat server blade yang menjadi CPU nya, tempat dimana procesor, RAM, dan hardisk.

Sementara ini dulu ya gaes, detail nya ada di postinng berikutnya, semoga Bermanfaat.

1 komentar:


EmoticonEmoticon