Bagaimana Cara Install The Dude Server

Kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu The Dude. The dude adalah salah satu tools monitoring jaringan buatan Mikrotik. Dengan menggunakan The dude maka kita sebagaimana administrator jaringan dapat melakukan monitoring terhadap semua perangkat yang terkoneksi dengan The Dude server. Perangkat yang bisa kita monitoring minimal mempunyai service ping yang aktif. Kita dapat menambahkan perangkat secara manual dan juga bisa melakukan discovering device dengan network yang telah kita tentukan. The Dude cukup handal sebagai software monitoring gratis karena sudah dapat melakukan inventarisasi, mapping, notifikasi by email/sms/beep/dll. Oke langsung saja kita bahas bagiamana cara installasi dan setting The Dude, ada beberapa langkah sebelum kita dapat melakukan monitoring yaitu:

1. Installing The Dude Server
Digunakan sebagai server dari software The Dude. Sehingga semua device yang kita monitoring akan tersimpan di The Dude Server. The Dude Server merupakan package yang terpasang di Router OS.
2. Installing The Dude Client
Sebagai tatap muka aplikasi monitoring dan remote The Dude Server. Kita dapat melakukan penambahan device dan membuat mapping network melalui The Dude Client. The Dude client dapat dijalankan di bawah system operasi Windows baik secara Fisik ataupun Virtual.

Untuk mendapatkan package dan installer The Dude silahkan kunjungi halaman download berikut https://mikrotik.com/download. Disini saya akan jelaskan terlebih dahulu bagaimana cara installasi The Dude server. Silahkan download package The Dude yang sesuai dengan infrastruktur router. Karena saya menggunakan Mikrobit Aneto dengan infrastruktur X86


Berikut langkah installasinya:
1. Download pakage npk file nya di website https://mikrotik.com/download
2. Upload file npk tersebut ke mikrotik router bisa melalui winbox maupun FTP client (filezilla)
3. Setelah file terupload silahkan reboot system router anda
4. Silahkan check LOG router melalui winbox. Lihat apakah the dude sudah terinstall atau belum

5. Selesai, dan The Dude Server sudah terinstall pada mikrotik router.

Sekian dulu ya selanjutnya akan kita bahas bagaimana melakukan install The Dude Client menggunakan windows 7.


EmoticonEmoticon