Device Map The Dude Client

The dude client merupakan software monitoring jaringan yang dapat digunakan pengguna mikrotik sebagai tools dalam memantau kondisi dari setiap perangkat jaringan yang terhubung dengan router server. Bagaimana cara melakukan installasi the dude client sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan memabahas apa itu Device Map dan bagaimana cara penggunaannya. Melalui menu device map ini kita dapat melihat secara simbolis keadaan device yang telah kita tambahkan secara real time condition. Kita dapat memantau jaringan melalui icon device yang telah kita sesuaikan dengan perangkatnya. Konektifitas rx-tx juga dapat kita pantau melalui connection link yang kita tambahkan pada device, serta memantu grafik trafik dari service yang tersedia pada device hanya cukup dengan menggunakan mouseover.

Terdapat dua layer pada tampilan device map the dude client. Pertama adalah layer kerja merupakan tempat kita bekerja untuk menambahkan dan mengurangi serta melakukan update secara lagusung pada device, kita juga dapat menyesuaikan posisi dari setiap perangkat/device dengan click and drag. Layer kedua merupakan layer untuk menyorot layer kerja yang tidak terjangkau oleh tampilan monitor seperti tool untuk melakukan magnifying.

TOOLS DEVICE MAP
Add item : digunakan untuk melakukan penambahan device secara manual,terdapat beberapa pilihan item yaitu:
-Device untuk menambahkan device sehingga dapat dilakukan ping service. Sehingga akan tampil pada layar kerja status dari device berupa warna hijau, orange, merah.
-Network menambahkan network cloud
-Submap menambahkan link terhadap submap sehingga memunkinkan untuk memantau kondisi map lain.
-Static merupakan perangkat umum yang bisa kita tentukan sendiri perangkat yang ingin di monitor
-Link untuk menambahkan link connection condition sehingga kita bisa memantau keaadan koeneksi anatara dua perangkat yang saling terhubung.
Remove item  menghapus device yang terdapat pada layar kerja
Copy and paste digunakan untuk melakukan tindakan copy dan paste di map lain
Lock digunakan untuk locking pada device dan menghindari terjadinya ketidaksengajaaan sehingga menggeser posisi device
Drag  untuk map yang besar kita dapat menggunakan menu ini untuk melakukan penggeseran halaman kerja
Select merupakan mode pemilihan device
Map settings untuk melakukan detail setting pada device yang kita monitoring
Discover  untuk menangkap secara otomatis device yang berapa pada jaringan seperti pembahasana sebelumnya Memulai Monitoring Perangkat Jaringan
Tools
- Layout  mengatur tampilan map sesuai dengan jangakauan
- Export  meyimpan map dalam format gambar yang dapat di lihat di program lain
Find  digunakan untuk mencari perangkat yang ada pada layar kerja
Item alignment memilih beberapa item, lalu pilih salah satu untuk melakuakn penyesuaian dalam baris dan lingkaran.



Melakukan Mouse Hovering pada perangkat, dengan mengarahkan mouse ke perangkat maka akan muncul tampilan grafik dari service yang tersedia pada perangkat.


Sekian dulu ya untuk artikel kali, untuk selanjutnya kita akan bahas bagaimana untuk melakuakn setting device yang akan kita monitoring melalui menu setting. Semoga bermanfaat yaaa…Amin



EmoticonEmoticon