Remote SSH Server dari jaringan Public


Terkadang kita berada di luar office atau sedang melakukan perjalanan dinas kerja sehingga kita tidak terkoneksi secara langsung dengan jaringan lokal perusahaan. Padahal ada kofigurasi yang harus di tambahkan saat itu juga. Sehingga kita perlu mengakses server dari koneksi public/internet. Kita bisa memanfaatkan menu forwarding NAT yang ada di router Mikrotik. Sebagai ilustrasi silahkan amati gambar diatas. Dari gambar diatas terlihat client yang berada di luar router dan server berada di bawah router mikrotik. Kita dapat melakukan konfigurasi Forward NAT dan mengarahkan langsung IP server dan PORT yang diinginkan. SSH menggunakan port default 22 sehingga antara mikrotik dan Ubuntu SSH Server memiliki port yang sama pula. Kita perlu membedakan port agar tujuan yang ingin di akses jelas. Dalam kasus ini saya meengganti port SSH Server Ubuntu menjadi 212, untuk mengganti port default SSH ubuntu dapat di baca artikel berikut:

Mengganti Default Port SSH pada Ubuntu Server 17.04


Forwarding ini akan membelokkan traffik yang menuju ke IP Public yang terpasang di mikrotik menuju ke IP local internal server. Melalui forwarding ini seakan-akan client melalui internet akan meminjam IP public router mikrotik. Adapun langkah-langkah nya sebagai berikut:

1. Buka mikrotik melalui Winbox masuk ke menu IP  Firewall Klik Tab “NAT”, kemudian tekan tanda + berwarna merah untuk menambah rule baru



2. Setelah selesai konfigurasi diatas kita bisa melakukan uji coba dari sisi client dengan mengakses IP public dan port yang sudah kita tentukan tadi melalui Putty atau ssh client yang lain.


Demikian artikel cara bagaimana untuk mengakses SSH server dari jaringan internet (PUBLIC). Semoga bermanfaat ya..selamat mencoba
Previous
Next Post »
Thanks for your comment