Cara Setting MRTG di Mikrotik

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara install MRTG di linux ubuntu 17.04. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara monitoring trafik yang terjadi di mikrotik. Sebenarnya di mikrotik relative lebih mudah karena package Graphs monitoring sudah terinstall ketika kita membeli router board. Kita hanya perlu menambahkan interface apa yang ingin kita monitoring ke dalam Graphing melalui aplikasi remote mikrotik yaitu winbox.

Router yang sudah selesai kita setting dan sudah berjalan, bukan berarti akan kita tinggalkan begitu saja. terlebih router tersebut merupakan router backbone. Pada  kebanyakan  ISP bahkan akan melakukan monitoring selama 24 jam nonstop untuk memastikan kondisi router baik - baik saja. Dan jika terjadi sesuatu pada router yang membuat jaringan tidak berjalan sebagaimana mestinya, bisa segera ditangani dengan baik.

Begitu juga admin jaringan juga perlu mencatat penggunaan bandwidth untuk bahan laporan apakah bandwidth yang di dapatkan sesuai dengan informasi layanan bandwidth dari ISP, atau sekedar mencatat statistik penggunaan bandwidth oleh client. Untuk melakukan pencatatan dalam format graph di MikroTik, admin jaringan bisa menggunakan fitur "Graphing".

Kita mulai saja langkah untuk melakukan monitoring interface router mikrotik kita, yang pertama yaitu masuk ke menu

tools -> graphing

Setelah itu anda klik + atau Add lalu pilih interface yang ingin di munculkan di MRTG. Disini kita bisa memilih bebera interface atau pilih semua nya (ALL)
setalah anda pilih Ok kemudian anda harus memilik ip public atau ip internet untuk bisa melihat trafik lalu lintas data disini bisa di lihat laporan harian , mingguan , bulanan bahkan bisa sampai tahunan seperti yang ada di bawah ini. seperti gambar di bawah ini.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment