Konfigurasi Port SSH Ubuntu Server 18.04



Oke kawan-kawan sebangsa dan setanah air. Kali ini kita akan lanjut membahas tentang bagaimana melakukan konfigurasi atau mengganti port default SSH server yang di gunakan pada Ubuntu server 18.04 LTS. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa SSH server merupakan cara kita untuk melakukan remote server dari computer client. Sehingga kita tidak harus bertatap muka langsung dengan server. Hal ini dapat dilakukan selama network computer client terhubung dengan server. Serta Firewall server mengijinkan kita untuk melakukan remote.

Secara Default SSH server menggunakan port 22. Sehingga kita bisa menuliskan alamat IP dan Port 22 pada Putty atau remote console lain untuk dapat mengakses server. Permasalahan muncul ketika kita harus mengakses server dari jaringan public. Penyedia layanan internet hanya menyediakan 1 IP public yang bisa kita akses dari luar. Di dalam jaringan kita terdapat banya server SSH yang juga memiliki port default 22. Sehingga kita perlu membedakan port-port yang digunakan oleh server filed kita.

Kali ini marikita belajar bersama bagaimana cara  mengganti port SSH pada Ubuntu Server 18.04 LTS. Langsung saja kita membahasnya:

1. Kita dapat melakukan checking proses dan status SSH pada server dengan cara:

service ssh status

Sehingga akan muncul hasil output seperti berikut


Dari status diatas kita bisa melihat bahwa port aktif adalah 22

2. Sekarang kita mencoba untuk mengganti port dengan mengedit file sshd_conf dengan perintah

nano /etc/ssh/sshd_config

Kemudian kita bisa mengganti default port yang ada menjadi sesuai dengan kebutuhan server serta menghapus pagar di depan nya menjadi seperti ini


Menjadi


simpan konfigurasi lalu keluar denan perintah ctrl+x kemudian y

3. Silahkan restart service ssh untuk mereset port ssh dengan perintah

service ssh restart

4. Silahkan check apakah port sudah sesuai dengan kebutuhan server


Demikian yang dapat saya sampaikan semoga berhasil dan bermanfaat yaa

Konfigurasi Port SSH Ubuntu Server 18.04 Konfigurasi Port SSH Ubuntu Server 18.04 Reviewed by irwan budianto on 13:36 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.