Makna Kata Lebaran


irwanbudianto.com - Baru saja kita merayakan hari kemenangan dari perang terbesar dalam hidup kita, yaitu perang melawan hawa nafsu. Kita merayakan hari raya idul fitri sebagai puncak setelah menjalankan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan. Terdapat dua istilah di dalam perayaan yaitu idul fitri dan lebaran. Dua istilah itu memilki makna yang berbeda secara terminologi bahasanya. Idul fitri adalah sebuah puncak kemenangan bagi seorang hamba yang telah berhasil mengalahkan nafsu sebagai puncak dari ibadah. Sehingga seseorang yang telah berhasil menyelesaikan ibadah puasa akan selalu istiqomah dalam menjalankan ketakwaannya kepada Allah SWT. Berbeda dengan Lebaran yang lebih bisa di rasakan oleh semua umat manusia entah muslim ataupun non muslim entah yang menjalankan puasa ataupun yang tidak menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Kali ini irwanbudianto.com akan mencoba untuk menjelaskan makna kata Lebaran bukan dari arti bahasanya melainkan dari filosofis terbentuknya kata tersebut. Karena lebaran dirayakan bukan hanya oleh umat islam saja maka biasanya lebaran dirayakan bersamaan dengan tradisi kupatan. Tradisi kupatan berasal dari kata kupat yang berarti ngaku lepat (mengakui kesalahan) atau bisa juga berarti laku papat (empat tindakan). Adapun empat tindakan tersebut adalah:

1. Lebaran
Lebaran bermakna usai, menandakan berakhirnya waktu puasa. Berasal dari kata lebar yang artinya pintu ampunan telah terbuka lebar.

2. Luberan
Bermakna meluber atau melimpah. Sebagai simbol ajaran bersedekah untuk kaum miskin.
Pengeluaran zakat fitrah menjelang lebaran pun selain menjadi ritual yang wajib dilakukan umat islam, juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama manusia

3. Leburan
Maknanya adalah habis dan melebur.
Maksudnya pada momen lebaran, dosa dan kesalahan kita akan melebur habis karena setiap umat islam dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

4. Laburan
Berasal dari kata labur atau kapur.
Kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun poemutih dinding.
Maksudnya supaya manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain.

Semoga di hari yang Fitri ini kita semua mendapat pengampunan dan Ridho dari Allah SWT dan dijadikan hamba-hamba yang taqwa dan istiqomah. Amiin…

Makna Kata Lebaran Makna Kata Lebaran Reviewed by irwan budianto on 16:59 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.