Partisi CentOS secara Manual

irwanbudianto.com – Kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk melakukan konfigurasi partisi hardisk system operasi CentOS secara manual konfigurasi. Sebelumnya kita sudah melakukan installasi OS CentOS dengan partisi secara otomatis. Jika kita melakukan konfigurasi secara otomatis maka pembagian partisi akan disesuaikan secara otomatis sesuai kondisi hardisk yang ada. Dan secara minimal kebutuhan partisi dalam system RHEL. Tetapi jika kita memilih melakukan dengan cara manual semuanya akan kita setting secara manual dan terstruksur untuk memenuhi kebutuhan minimal system dan kebutuhan kita di luar permintaan minimal system seperti table di bawah

Pada artikel kali ini kita akan membuat partisi dengan konsep LVM (Logical Volume Management): Volume Groups (VG), Logical Volumes (LV) ukuran partisi yang akan kita gunakan adalah dalam satuan MB.  Sebagai standart ukuran SWAP yang akan kita gunakan adalah setengah ukuran dari memory RAM. Dalam kasus kali ini saya akan mencoba menggunakan SWAP sebesar 1000MB karena RAM yang saya gunakan adalah 2GB. Ukuran disk yang akan saya gunakan adalah 20GB.

Mount Point
VG Name
LV Name
Size
/boot
Standard Partition
-
500MB
/
sysVG
rootLV
3000MB
swap
sysVG
swapLV
1000MB
/home
sysVG
homeLV
2000MB
/opt
sysVG
optLV
2000MB
/tmp
sysVG
tmpLV
1000MB
/var
sysVG
varLV
2000MB
/usr
sysVG
usrLV
3000MB
/spare
sysVG
spareLV
5975MB


Untuk setting secara manual kita bisa memilih  “I Will configure partitioning”

Pada tampilan layar di bawah kita dapat mengetahui bahwa kita memiliki kapasitas disk 20GB yang tersedia yang dapat digunakan untuk membuat partisi yang kita inginkan. Untuk memulai membuat partisi dan file system yang di inginkan silahkan menekan tombol “+” plus di sudut kiri bawah layar.

Untuk menambahkan partisi lain kita bisa melakukan klik pada tanda plus (+). Sehingga akan muncul sebuah pop up yang mempersilahkan kita untuk memilih dengan menekan dropdown dan kemudian kita tekan tombol Add mount point.

Silahkan menambahkan semua partisi yang dibutuhkan system seperti pada table di atas. Semua partisi sisa akan kita setting menggunakan type LVM dengan nama “sysVG”. Untuk mengubah nama Volume Group default dari centos bisa dengan menekan tombol Modify. Kotak konfigurasi Volume Group akan muncul sehingga kita hanya tinggal melakukan merubah nya menjadi sysVG. Isikan nama dari partisi pada kota Name. Misal kita menggunakan nama spareLV.


Lanjutkan terus proses setting partisi sesuai dengan table partisi diatas sehingga akan selesai dengan summary seperti gambar diatas. Untuk selesai silahkan tekan tombol Accept Changes.

Demikian langkah demi langkah untuk melakukan konfigurasi partisi hardisk secara manual konfigurasi pada linux CentOS. Semoga bermanfaat

Partisi CentOS secara Manual Partisi CentOS secara Manual Reviewed by irwan budianto on 16:17 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.