Cara Install Centos 7

CentOS (Community Enterprise Operating System) adalah sistem operasi Linux open source gratis yang memiliki 100% kesamaan biner dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Karena kompatibilitas ini, banyak organisasi memilih CentOS sebagai pilihan distribusi mereka. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara installasi system operasi CentOS secara minima (text base) mulai dari persiapan sampai dengan panduan untuk melakukan konfigurasi partisi.

Untuk mendapatkan file image iso OS CentOS 7, silahkan klik berikut:


Setelah mendapatkan file iso, langkah selanjutnya yaitu kita lakukan burning image ke media installasi seperti FDD,CD,DVD sesuai dengan perangkat yang akan kita install. Kita bisa melakukan burning image dengan tools atau aplikasi yang tersedia di computer seperti Brasero, K3B, Nero, CDBurnerXP, Rufus atau Roxio.

Langsung saja kita mulai install centos dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Untuk memulai installasi CentOS 7, silahkan arahkan pilihan pada Install CentOS 7 kemudian tekan enter. Sehingga proses installasi di mulai. 

2. Berikutnya kita diajak untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan selama proses installasi. Kita akan menggunakan Bahasa Inggris (United Kingdom). Silahkan klik lanjutkan

3. Berikutnya kita akan ditunjukkan berbagai konfigurasi. Ketika ada konfigurasi yang masih ada tanda seru (!) maka itu menunjukkan bahwa kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu seperti Zona Waktu, Bahasa, keyboard, sumber instalasi, add perangkat lunak tambahan, mengkonfigurasi partisi disk serta pengaturan network.

4. Setelah kita memilih installation destination kita akan di ajak untuk melakukan setting partisi disk kita. Terdapat 2 pilihan untuk melakukan konfigurasi partisi yaitu otomatis dan manual. Dalam contoh ini silahkan pilih yang otomatis. Maka installasi akan berjalan secara otomatis. Jika kita memiliki hardisk sebesar 150 GB maka akan terbentuk partisi seperti di bawah setelah kita mimilih otomatis.

5. Setelah semua konfigurasi selesai kita lakukan. Proses installasi siap untuk di muali dengan menekan tombol (Begin Installation)


6. Ketika proses installasi berjalan maka kita hanya harus menunggu sampai proses selesai sehingga kita akan sampai pada proses setting password root dan membuat user baru.


Untuk setting password root silahkan klik pada ROOT PASSWORD sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah:

Jika kita menginginkan password yang pendek silahkan klik dua kali pada tombol Done. Selanjutnya jika kita menginginkan untuk membuat user baru silahkan tekan pada USER Creation sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah

Pada pilihan ini kita bisa menentukan user level yang ingin kita create apakah sebagai administrator atau user biasa. Kita juga dapat menentukan apakah kita ingin setting password atau tidak terhadap user yang baru kita create. Kemudian klik Done untuk melanjutkan ke proses installasi.

Sekarang CentOS telah terinstall di computer kita, silahkan tekan Finish Configuration untuk konfirmasi selesai install OS. Setelah itu silahkan reboot system anda. Setelah selesai booting maka akan tampil System operasi CentOS minima server (text base).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Install Centos 7"

Post a Comment