Mengenal CentOS


Mari kita mengenal system operasi linux CentOS yaitu salah satu system operasi Linux turunan dari Red Hat Enterprise Linux yang di singkat RHEL. CentOS sendiri adalah singkatan dari Community Enterprise Operating System yang dikembangkan oleh CentOS Project. CentOS merupakan sistem operasi yang banyak digunakan sebagai server. Selain karena CentOS berasal dari Red Hat juga karena dukungan dari komunitas yang baik. tapi juga dimungkinkan sistem operasi ini digunakan sebagai desktop. CentOS menggunakan sistem manajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) sama seperti Red Hat ataupun Fedora.

Sebelum dikenal dengan nama saat ini, CentOS berasal sebagai artefak dari cAos Linux. Pada bulan Juni 2006, David Parsley, pengembang utama Tao Linux (klon RHEL lain), mengumumkan pengunduran diri Tao Linux dan pengembangannya ke dalam CentOS. Pengguna Tao bermigrasi ke rilis CentOS melalui pembaruan yum.

Pada bulan Juli 2009, dilaporkan dalam sebuah surat terbuka di situs web proyek CentOS bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang pada tahun 2008. Davis telah berhenti berkontribusi untuk proyek tersebut, tetapi terus memegang pendaftaran untuk domain CentOS dan akun PayPal . Pada bulan Agustus 2009, tim CentOS dilaporkan melakukan kontak dengan Davis dan memperoleh domain centos.info dan centos.org.

Pada bulan Juli 2010, CentOS mengambil alih Debian untuk menjadi distribusi Linux paling populer untuk server web, dengan hampir 30% dari semua server web Linux menggunakannya. Debian merebut kembali memimpin pada Januari 2012.

Pada Januari 2014, Red Hat mengumumkan akan mensponsori proyek CentOS, "membantu membangun platform yang sesuai dengan kebutuhan pengembang open source yang mengintegrasikan teknologi di dalam dan di sekitar sistem operasi". Sebagai hasil dari perubahan ini, kepemilikan merek dagang CentOS dipindahkan ke Red Hat, yang sekarang mempekerjakan sebagian besar pengembangCentOS. Namun, mereka bekerja sebagai bagian dari tim Open Source and Standards Red Hat, yang beroperasi secara terpisah dari tim Red Hat Enterprise Linux. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal CentOS"

Post a Comment